Wednesday 4 September 2013

ketahui ketakutan pribadi untuk jadi presenter yakin diri

anda sadari atau tidak, anda tidak dapat tidak berkomunikasi. setakut serta seberani apapun diri anda, setiap saat anda senantiasa mengemukakan pesan. baik dengan internal maupun eksternal. dengan internal : anda berkata pada diri sendiri, menilai suatu hal menurut referensi didalam pemikiran anda, mengambil keputusan pas atau tidaknya sesuatu tindakan untuk satu waktu, kesemua tindakan itu yaitu berkomunikasi. dengan ekternal : anda jual ide anda, anda bertatap muka serta lantas rasakan kecocokan dengan rekan bicara, anda berpresentasi, dan seterusnya. sebagai sesuatu pengetahuan serta seni, setiap saat komunikasi senantiasa berlangsung. tersebut mengapa, kita lantas mengerti “kualitas hidup kita sesuai dengan mutu komunikasi kita. ” sebagai presenter, pastinya anda bersepakat bahwa kekuatan kita berkomunikasi jadi mutlak ada. ditambah lagi, saat komunikasi kita eksekusi dengan bicara.

 bicaralah dengan otentik kunci untuk jadi pembicara yang baik, anda butuh berlaku otentik. jadi diri sendiri yang paling baik, sepenuhnya. melampaui semua ketakutan serta kegelisahan bicara anda. hingga, anda mesti melacak tahu apa yang menghentikan diri anda untuk berlaku otentik. akui bahwa ada problem internal yang semakin besar dari pada yang dapat tampak di depan mata saat anda bicara, serta menggunakan waktu untuk memecahkan problem itu yang telah membelenggu anda sekian lama, anda sudah ambil langkah raksasa untuk jadi pembicara alami serta mendapatkan kembali rasa yakin diri yang telah lama anda rindukan. di titik inilah, lantas dengan mudahnya anda sepakati ucapan bill gove –presiden nsa ( national speakers association di amerika ), pria yang senantiasa menjuarai tiap-tiap lomba bicara di depan umum yang dulu ia ikuti. dengan santainya ia katakan, “berbicara itu gampang, anda telah tahu caranya bukan hanya ?” sesaat anda mengingat-ingat pemahaman ini, kita dapat berpindah pada penjelasan tentang 4 profil umum kegugupan di saat-saat kita bicara di depan umum. toko grosir baju renang kelompok kegugupan ini sebagiannya menurut pengamatan yang saya temui dari beragam type serta umur peserta yang ikuti kursus “public speaking magically. ” keempat jenis ini dikelompokkan menurut kapan seseorang mulai jadi gelisah. profil ketakutan berbicara anda dapat baca dengan cermat, sembari mengingat-ingat kembali momen yang barangkali pas dengan diri anda. mungkin saja anda akani sebagian profil sekalian yang melekat pada diri anda, bersamaan dengan makin banyaknya anda bicara di depan umum, kapan serta kenapa anda jadi gugup/takut barangkali beralih ikuti perubahan tingkat pengalaman serta meluasnya kesadaran-diri anda.

 saat ini, anda dapat puaskan diri anda dengan cari info terhitung didalam profil yang manakah diri anda. ingat ya, ini hanya sesuatu alat untuk menggapai pengertian yang lebih didalam serta luas tentang diri anda sendiri. tak ada yang baik atau jelek, lantas berhentilah menilai diri anda terlampau ketat atau merendahkan diri sendiri didalam wujud apapun. penghindar. kapan mulai gelisah ? waktu barusan tahu kemungkinan hadapi kondisi bicara di depan umum. ahli cemas. kapan jadi gelisah ? sejak waktu acara pidato dijadwalkan. atlet adrenalin. kapan gelisah ? pas sebelum saat acara. improvisator. kapan gelisah ? sepanjang acara berjalan. penjelasan singkat profil anda penghindar. menderita kegelisahan yang amat menyengat terkait dengan bicara atau berkomunikasi didalam kondisi apa saja, sampai-sampai bersedia lakukan –hampir– segala nya untuk hindari peluang yang mengharuskan dirinya didalam aktivitas bicara itu. apalagi, ia mungkin saja menampik promosi, atau melupakan peluang kerja cuma untuk hindari kemungkinan jadi pusat perhatian. ahli cemas dia segera jadi gugup saat merasakan dirinya dijadwalkan untuk sesuatu pidato, presentasi, atau wawancara kerja ( apa saja yang terhitung bicara di depan umum ). acara itu barangkali tetap tiga minggu lagi, atau sepekan lagi, itu tidak mutlak. dia dapat menggunakan selama waktu yang tetap ada hingga saat itu tiba, untuk jadi cemas perihal apa saja yang dapat, yang barangkali, serta yang dapat berlangsung.

 atlet adrenalin dia jadi gugup, cocok sebelum saat acara diawali. pas sebelum saat tiba gilirannya tampak serta tiba-tiba diserang lonjakan daya yang perlu diatasi. layaknya seorang bintang lomba lari yang berupaya mengendalikan berlebihan tenaganya, ia fokus pada tehnik untuk menyiapkan diri hadapi tantangan yang ada saat tengah bersiap-siap ikuti pertandingan. improvisator dia jadi gelisah selama acara dikarenakan dia yaitu jenis orang ‘di menit terakhir’ yang tak tahu bagaimana senantiasa menahan-nahan persiapan atau tidak memakai cukup waktu untuk bersiap-siap.

serta selanjutnya mesti bersusah payah menangani semua jenis problem yang semestinya dapat dengan gampang dihindari bila saja dia bikin sedikit persiapan. sembari anda membaca keempat profil singkat kegelisahan bicara anda, anda dapat ingat kembali kepingan pengalaman anda di periode lantas. saat anda akan diminta bicara, waktu anda dapat tampak bicara, serta sepanjang anda tengah bicara. bisakah anda mengidentifikasi diri anda menurut kapan anda mulai jadi gugup bicara ? adakah satu dari empat profil diatas yang menurut anda mewakili beberapa dari diri anda ? atau, jangan-jangan ada kian lebih satu profil yang menyemat di diri anda. sesudah anda mengetahui satu per satu cii-ciri ketakutan bicara itu, inilah waktunya untuk anda untuk melampauinya. sebelum saat tiba waktunya anda tampak di publik, di peluang selanjutnya. jadilah pembicara otentik yang sadar seutuhnya atas ketakutan pribadi.

serta lebih mutlak dari itu, gantilah diri jadi presenter yang tambah baik, dengan terus menyiapkan diri sebaik-baiknya. pikirkan, dapat layaknya apa yang bisa anda kerjakan di hari esok, waktu anda telah ‘merasa cukup’ saat mempersiapkan diri bicara di depan publik. apa saja persiapan yang anda butuhkan, dapat anda temui di artikel selanjutnya. teruslah berlatih, jadi tambah baik !

No comments:

Post a Comment